Cara Menghilangkan Quick Edit

Cara Menghilangkan Quick EditKalau Anda pernah mengotak-atik suatu template blog pasti Anda pernah menemukan kode yang bertuliskan "Quick Edit" atau apabila Anda melihat tampilan blog Anda, pasti Anda akan melihat sebuah icon yang tampilannya seperti (obeng). Icon obeng ini tidak akan terlihat di blog Anda apabila Anda belum masuk dengan menggunakan akun blog Anda. Icon yang seperti obeng ini disebut dengan Quick Edit yang tujuannya adalah untuk memudahkan Anda dalam editing widget, baik itu yang ada di header, sidebar, footer atau yang lainnya.
Meskipun dibuatnya Quick Edit ini untuk memudahkan seorang blogger dalam mengedit widget-nya, namun banyak pula diantara pada blogger yang lebih memilih untuk menghilangkannya. Bukan tanpa alasan mereka lebih memilih untuk menghilangkannya, karena menurut kabar yang beredar di dunia per-SEO-an, menghilangkan icon tersebut dapat meningkatkan nilai score SEO pada suatu blog. Penasaran apa itu SEO? Baca artikel kami yang membahas mengenai Pengertian Dasar Tentang SEO.

Terus, bagaimana dengan blog tips dian ini?
Jujur saja, blog yang saya kelola ini pun saya hilangkan icon obengnya. Saya menghilangkan icon obeng ini dikarenakan bukan hanya untuk menaikan nilai score SEO-nya saja, akan tetapi saya juga jarang sekali menggunakannya. Jadi, itulah alasannya kenapa saya juga turut menghilangkannya.

Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?
Untuk Anda yang tertarik ingin menghilangkannya juga, sebetulnya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Cara menghilangkan quick edit yang pertama adalah Anda bisa menyembunyikannya tanpa perlu menghapusnya. Kedua, jelas dengan cara menghapusnya secara permanen.

Dari kedua cara tersebut, kira-kira mana yang lebih baik?
Kalau blog Anda menggunakan template yang lama, sebaiknya Anda pilih cara yang kedua yaitu dengan menghapusnya secara permanen. Karena, adanya icon quick edit pada template blog yang lama termasuk kedalam salah satu penyumbang Error Template. Sedangkan apabila Anda menggunakan template blog terbaru (valid HTML5), sebaiknnya icon tersebut hanya di sembunyikan saja dan bukan dihilangkan secara permanen.

Cara menghilangkan quick edit dengan maksud menyembunyikannya:
  1. Kunjungi dan masuk ke blog Anda di blogger.com
  2. Pada halaman dashboard, pilih Template yang ada di menu dropdown
  3. Klik edit template
  4. Cari kode ]]></b:skin> (supaya lebih memudahkan Anda dalam mencarinya, klik pada bagian html tersebut kemudian tekan ctrl+f lalu pastekan kode tersebut dan tekan enter)
  5. Kalau sudah ditemukan, letakkan kode dibawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>
  6. klik simpan

Cara menghilangkan quick edit dengan maksud menghapusnya secara permanen:
  1. Ikuti langkah-langkah yang telah kami sebutkan diatas sampai dengan langkah no. 3.
  2. Cari kode <b:include data='post' name='postQuickEdit'/> dan juga kode <b:include name='quickedit'/>. Untuk memudahkan pencariannya, silahkan klik ctrl+f pada kode html template Anda, setelah itu pastekan kode tersebut lalu tekan enter.
  3. Kalau sudah ditemukan, langsung saja eksekusi dengan cara menghapusnya. Jumlah kode tersebut tergantung seberapa banyak jumlah widget yang dimiliki oleh blog Anda.

Itulah 2 cara menghilangkan quick edit yang bisa saya share pada Anda. Semoga bermanfaat ya apa yang saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan Anda bisa memahaminya dengan baik, meskipun cara penyampaiannya begini adanya.

0 Response to "Cara Menghilangkan Quick Edit"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tanpa mencantumkan link aktif didalamnya!