Cara Memasang Widget Random Post di Blogspot

Sudah tahu belum dengan yang namanya widget random post? Bagi Anda yang sudah lama menjajal dunia blog, mungkin tidak akan asing dengan istilah yang satu ini. Namun, bagi mereka yang masih baru dalam dunia blog mungkin akan merasa heran, tertegun, berkeringat dingin sambil menelan ludah mendegar istilah widget random post. Cuma becanda kok, masa ia sampai segitunya.

Widget random post terdiri dari 3 suku kata. Widget merupakan salah satu elemen yang penting yang pastinya hampir semua template blog menyediakannya. random artinya acak sedangkan post sendiri merupakan artikel yang pernah kita posting atau publish sebelumnya. Jadi, widget random post ini berarti widget yang berisi tentang daftar postingan kita yang ditampilkan secara acak alias berubah-ubah ketika halaman blog kita di muat atau di refresh.
Cara Memasang Widget Random Post di Blogspot
Apa keuntungannya bila kita memasang widget random post?
Menurut saya pribadi widget random post ini mempunyai peranan yang cukup penting dan tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang memasangnya. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh adalah:
  1. Memudahkan para pengunjung untuk melihat-lihat artikel kita yang lainnya
  2. Menghidupkan kembali postingan atau artikel yang telah lama
  3. Meningkatkan jumlah pageview
  4. Dll.

Widget random post sendiri ada yang tampilannya sederhana dan ada pula yang penampilannya expert (mewah). Yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini adalah tentang cara memasang widget random post yang sederhana. Kenapa tidak sekalian saja sama yang expert (mewah)? Tenang, untuk widget random post yang expert akan saya share di lain kesempatan. Untuk saat ini lebih baik pasang yang ini dulu, karena widget random post yang sederhana ini pun mempunyai kelebihan tersendiri yaitu proses loading-nya cepat sehingga tidak memberatkan blog Anda.

Cara memasang widget random post di blogspot

Cara memasang widget random post sederhana cukup mudah sekali, langkah-langkahnya adalah:

1. Masuk ke blog Anda
2. Setelah itu pergi ke halaman tata letak (tempat pemasangan widget)
3. Klik tambah gadget, lalu pilih HMTL/JavaScript.
4. Copy kode dibawah ini, lalu pastekan di gadget HTML/Java Script tersebut

<script type="text/javascript"> var randarray = new Array(); var l=0; var flag; var numofpost=10; function randomposts(json){var total = parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}}if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>');for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];for(k=0; k < entry.link.length; k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>";document.write(item);}}}document.write('</ul>');} </script> <script src="/feeds/posts/default?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts" type="text/javascript"></script>

catatan : untuk kode yang diberi warna merah diatas itu, angkanya bisa diisi sesuai dengan keinginan Anda karena Angka tersebut menentukan berapa banyak postingan yang akan di tampilkan.
5. Klik simpan. kemudian pindahkan letaknya sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk melihat hasilnya, silahkan kunjungi blog Anda atau muat ulang kembali blognya. Kalau berhasil jangan lupa komentarnya ya. Sekian dulu tips blog dari dian, semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Memasang Widget Random Post di Blogspot"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tanpa mencantumkan link aktif didalamnya!