Cara Menulis Artikel Lebih SEO Friendly

Tips Dian - Menulis artikel pada sebuah blog memang menjadi sebuah keharusan bagi seorang blogger. Karena, sungguh mengherankan kalau ada seorang blogger yang ingin blognya dikenal oleh orang banyak tapi tidak pernah menulis satu artikel pun pada blog yang dikelolanya. Kan lucu, betul tidak?

Banyak para blogger pemula yang menginginkan artikel yang ada pada blognya bisa bertengger di posisi utama halaman mesin pencari tanpa mengetahui bagaimana caranya. Yang mereka ketahui hanyalah membuat dan membuat artikel setiap harinya tanpa memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat artikel. Sehingga, ujung-ujungnya mereka lelah, capek, dan menyerah karena tidak ada satu pun artikel yang dibuatnya bisa tampil dihalaman utama mesin pencari.

Supaya artikel yang Anda buat bisa menduduki posisi teratas mesin pencari, makan poin terpenting yang harus ketahui adalah buatlah artikel yang berkualitas atau menulis artikel lebih SEO friendly. Apa itu artikel berkualitas? Artikel berkulitas adalah artikel yang dibuat bisa memberikan manfaat bagi pengunjung serta menerapkan nilai-nilai SEO didalamnya.
Cara Menulis Artikel Lebih SEO Friendly

Apa saja nilai-nilai SEO tersebut?
Berhubung saya pun masih belajar, sejauh pemahaman yang saya ketahui nilai-nilai SEO tersebut meliputi beberapa bagian seperti hal nya dibawah ini.
  1. Judul artikel mengandung keyword
  2. Konten yang unik
  3. Lakukan optimasi pada setiap artikel
  4. Memasang Alt Tag pada gambar
  5. Memasang label/kategori
  6. Memasang meta deskripsi
  7. Gunakan Custom URL

Cara Menulis Artikel Lebih SEO Friendly

1. Judul artikel mengandung keyword
Setiap kali Anda membuat sebuah artikel pada blog, usahakanlah untuk selalu menyisipkan kata kunci (keyword) yang dibidik kedalamnya. Kata kunci tersebut biasanya sering digunakan oleh pengguna internet yang ingin mencari sebuah informasi melalui mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing, dll. Selain diletakan pada judul artikel, kata kunci juga harus diletakan pada isi artikel Anda. Banyaknya jumlah kata kunci yang diletakan didalam artikel biasanya mengandung 3-5 kata kunci dan ini bisa disesuaikan dengan banyaknya jumlah kata pada setiap artikel yang dibuat. Perlu di ingatkan juga, bahwa jangan sampai Anda meletakan kata kunci yang terlalu banyak pada artikel Anda karena hal itu bisa memberikan dampak buruk pada artikel Anda.

2. Konten atau artikel yang unik
Buatlah konten yang unik, menarik, dan belum di publish oleh orang banyak namun harus tetap relevan atau sesuai dengan tema blog Anda. Konten yang unik bisa menjadi poin tersendiri untuk Anda. Kenapa? karena kebanyakan mesin pencari lebih menyukai artikel-artikel unik dan original dalam artian tidak melakukan duplikasi konten.

3. Lakukan optimasi pada setiap artikel
Setiap artikel yang Anda buat setidaknya harus memiliki 3 point utama seperti menggunakan kaidah bahasa baku (tidak alay), jumlah kata kunci yang disisipkan, dan juga jumlah kata pada setiap artikel yang Anda buat.
  • Setiap artikel yang ingin Anda publish sebaiknya menggunakan bahasa baku yang mudah di mengerti oleh orang banyak dan mesin pencari. Hal ini bertujuan untuk memudah mesin pencari dalam mengindeks artikel yang Anda buat.
  • Setiap artikel yang Anda buat harus mengandung kata kunci. Berdasarkan pengalaman saya, jumlah kata kunci yang disisipkan pada setiap artikel adalah 3 kata kunci. Letakanlah kata kunci tersebut masing-masing satu di paragraf pertama, satu di paragraf tengah, dan satu lagi di paragraf terakhir. Anda juga bisa memberi tanda pada setiap kata kunci tersebut dengan cara menebalkan atau memiringkan kata kunci tersebut.
  • Jumlah kata yang sebaiknya Anda terapkan ketika hendak membuat sebuah artikel adalah melebihi dari 300 kata. Karena kalau terlalu sedikit dikhawatirkan artikel yang Anda buat kurang SEO friendly
4. Memasang Alt Tag pada gambar
Ketika Anda membuat sebuah artikel dengan menyisipkan sebuah gambar, hal yang harus selalu Anda lakukan adalah dengan memasang Alt Tag pada gambar tersebut. Hal ini dikarenakan setiap gambar yang kita sisipkan kedalam artikel kita akan ikut di indeks oleh mesin pencari kalau kita memasang Alt Tag. Jadi, jangan lupa untuk dipasang ya!

5. Memasang label/kategori
Label atau kategori berguna untuk mengelompokkan setiap artikel antara satu dengan yang lainnya yang membahas topik yang sama. Setiap artikel yang diberi label atau kategori akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui apa saja artikel yang termasuk kedalam label atau kategori tersebut.

6. Memasang meta deskripsi
Menurut saya pribadi, deksripsi penelusuran itu sangatlah penting dan semua blog yang saya kelola selalu memasangnya. Meta deskripsi ini hanya memuat huruf antara 140-150 dan ini akan muncul ketika pengguna internet mencari sebuah informasi pada mesin pencari. Gunakan sebaik-baiknya jumlah tersebut untuk membuat deskripsi yang dapat memikat pengguna internet. Jangan lupa untuk menyisipkan pula kata kunci yang dibidik pada deksripsi tersebut. Hal ini bisa menjadi point tambahan supaya artikel Anda mampu bersaing dengan yang lainnya.

7. Gunakan Custom URL
Custom URL dapat pula menjadi point tambah untuk artikel Anda supaya lebih SEO friendly. Usahakan untuk selalu menggunakan URL dengan kata kunci yang dibidik. Contoh: Kata kunci yang Anda bidik adalah Jual Baju Murah, maka URL yang lebih SEO Friendly adalah www.inicontoh.com/jual-baju-murah.html

Sekian dulu Cara Menulis Artikel Lebih SEO Friendly yang bisa saya sampaikan. Semua cara diatas merupakan teknik pengoptimalan SEO On Page. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan juga teknik SEO Off Page. Mudah-mudahan Anda bisa memahaminya dan bisa menerapkannya dengan baik.

2 Responses to "Cara Menulis Artikel Lebih SEO Friendly"

  1. luar biasa mas tips nya. jadi lebih paham nih cara nulis artikel yang seo. izin praktek ya mas. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, silahkan..terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus

Silahkan berkomentar tanpa mencantumkan link aktif didalamnya!