Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page ?

Tips Dian - Pada hari yang lalu saya telah berbagi informasi kepada Anda mengenai pengertian dasar tentang SEO. Nah, untuk hari ini pun saya akan kembali berbagi informasi yang tidak jauh dengan SEO. Didalam teknik SEO ada yang dikenal dengan istilah SEO On page dan juga ada istilah SEO Off Page. Bagi seorang blogger pemula dalam artian seseorang yang baru pertama kali bergabung dalam dunia blog, mungkin akan merasa asing dengan kedua istilah tersebut. Namun, percayalah bahwa kedua istilah diatas merupakan ilmu dasar dalam dunia SEO.
Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page ?
SEO On Page merupakan cara yang paling awal dan mesti dilakukan pertama kali ketika Anda baru bergabung didalam dunia blog. SEO On Page ini dilakukan untuk mengoptimalkan blog kita dari dalam yang bertujuan supaya mesin pencari dapat mengindeks web kita dengan baik dan tepat. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam melakukan optimasi SEO On Page, diantaranya adalah menulis artikel berkualitas, memasang meta tag pada template blog atau kalau ingin lebih cepat, Anda bisa mengganti template blog Anda dengan template blog seo friendly. Untuk mencari template yang satu ini sangatlah mudah, Anda tinggal mencarinya melalui mesin pencari seperti google.com. Karena, saat ini telah banyak para blogger yang menyediakan template seo friendly yang dibagikan secara cuma-cuma alias gratis.

SEO Off Page adalah cara kedua yang harus Anda lakukan setelah Anda melakukan optimasi SEO On Page. Optimasi yang dilakukan pada SEO Off Page ini merupakan kebalikan dari optimasi SEO On Page. Kalau SEO On Page hanya dilakukan didalam blog kita saja, sedangkan optimasi SEO OFF Page dilakukan diluar situs web atau blog kita. Cara yang kedua ini bisa diibaratkan dengan sebuah perjalanan yang tidak mengenal kata henti. Artinya, SEO Off Page itu harus selalu dilakukan dan disesuaikan dengan perkembangan algoritma mesin pencari seperti halnya google. Beberapa cara yang termasuk kedalam teknik SEO Off Page adalah mempromosikan blog di forum-forum, menanam backlink dengan cara berkomentar di situs web atau blog orang lain, dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

Menurut saya pribadi, kedua teknik tersebut masing-masing mempunyai peranan penting dan pengaruh yang cukup besar dalam menjadikan web atau blog kita tampil dihalaman utama mesin pencari. Ibarat koin, kedua teknik diatas tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Perlu saya ingatkan bahwa untuk menjadikan blog Anda tampil dihalaman utama mesin pencari itu membutuhkan kerja keras, ketekunan, serta waktu yang tidak sedikit. Belajar dan Lakukanlah apa yang Anda ketahui kemudian jadikan hal tersebut sebagai pengalaman Anda. Karena pengalaman merupakan guru yang paling berharga untuk Anda. Teruslah mencoba karena suatu saat nanti Anda akan tahu mana yang tepat dan harus dilakukan oleh Anda.

Demikian pemahaman saya mengenai SEO On Page dan SEO OFF Page. Semoga penjelasan yang singkat dari saya ini bisa bermanfaat untuk Anda kedepannya.

2 Responses to "Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page ?"

  1. Ohh itu toh arti nya...
    tapi saya masih bngung dengan teknik SEO ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknik diatas itu hanya gambaran besarnya, untuk lebih terperincinya insya Alloh akan saya sampaikan dilain kesempatan. Terimakasih atas kunjungannya!

      Hapus

Silahkan berkomentar tanpa mencantumkan link aktif didalamnya!